Tuesday, June 19, 2012

Sendiri di tengah tengah Keramaian....

Halo...... Membaca Judulnya ini merupakan Pengalaman diriku sebagai seorang perantauan yang mengadu nasib di sebuah Kota yang cukup nyaman di Propinsi Kalimantan Timur. Sejak aku memutuskan menjadi seorang perantau yang ingin menambah pengalaman dan kekayaan, Banyak ilmu yang aku dapati selain di dunia pendidikan formal seperti di Kampus maupun di sekolah. Pelajaran tentang hidup yang membuat aku menjadi seorang yang cukup sabar dan tabah dalam menjalani hari hari penuh persaingan demi mendapatkan kesenangan hidup.
 Dengan bekerja di sebuah Kedai makanan yang buka dari jam sembilan pagi hingga jam empat sore. membuat hari hariku serasa berguna bagi semua orang yang memerlukan Aku. aktivitas keseharian yang selalu bertemu dengan orang dengan karakteristik berbeda beda menambah ilmu akan arti kehidupan. Sebagai seorang perantau yang jauh dari keluarga maka Aku harus bisa mengatur sehemat mungkin penghasilan Aku bisa untuk digunakan membiayai keperluan sehari hari.

Pada malam harinya mulai jam tujuh sampai jam sepuluh malam aku gunakan untuk menjadi seorang pengajar les privat di sebuah lembaga pendidikan nonformal. kegiatan ini aku lakukan setiap hari kerja dari senin hingga Jumat.  Dengan mengajarkan ilmu pendidikan yang aku pahami ini aku bisa bertemu dengan murid murid dari latar belakang keluarga yang berbeda beda suku dan bahasa.

Setiap week end aku gunakan untuk istirahat dan berwisata ke tempat yang cukup menyenangkan pikiran Ku. Aku biasanya mengunjungi Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Kawasan Bukit Bengkirai, Mall, Joging.

Hingga suatu saat Aku merasa tidak memiliki teman yang bisa di ajak untuk bercerita ataupun curhat. Padahal saat itu Aku tinggal dengan lingkungan Gang yang ramai oleh manusia. Namun Aku meras sepi... Hampa... dan sangat Bosan menjalani Aktivitas sehari hari.

Aku berkhayal tidak seperti waktu di kampung halaman di Rasau Jaya kab Kubu Raya Propinsi Kalimantan Barat. Di Kampung yang dulunya sangat bersahaja, kerukunan antar warga yang sangat terjaga hingga membuat para pendatang merasa betah tinggal di Kampung yang sederhana ini.
 Masyarakat di Kampung Rasau Jaya ini memiliki mata pencaharian sebagai petani sawah, petani Ladang, Peternak Unggas, Peternak Sapi, Kambing, Pedagang, Guru dan lain lain.

No comments: