Tuesday, June 05, 2012

Banjir Di Kota Balikpapan mei 2012

Halo...... ketemu lagi...

 Gambar diatas adalah suasana saat terjadi Hujan beserta Banjir yang menggenangi kawasan Tugu Adipura di Karang Gn Kawi. Nampak beberapa sepeda motor yang di tinggal oleh pemiliknya karena mogok terkena Banjir.

Dalam Tulisan Ini, aku Mencoba Menulis Tentang Fenomena Banjir Yang Menghampiri Kota Balikpapan Di Kawasan daerah seperti Damai tepatnya di mulai dari RS. Siloam jl MT Haryono, Kawasan PT Telkom Dan Perumahan BDI, Jl Penegak, Kawasan Mufakat, sampai Kawasan Pemuda di dekat Perumahan Pupuk Kaltim


 Foto di atas adalah suasana tugu Adipura pada saat tidak terkena Banjir.

 Di Kawasan Damai seprti Mufakat , Pemuda Banjir menggenangi rumah warga sampai setinggi Leher Orang Dewasa ketika berdiri di Jalan jalan Gang. Bahkan ada beberapa rumah warga yang hanya terlihat atap rumah nya saja.  menurut warga yang sudah bermukim di mufakat sejak tahun delapan Puluhan. banjir kali ini merupakan Banjir yang terbesar. walau banjir di kawasan Balikpapan hanya sebentar sehari saja sudah surut. Namun dampak yang di timbulkan oleh banjir ini berupa lumpur yang melapisi apapun yang di laluinya. sehingga nampak kuning  di dinding rumah warga.

Selain di kawasan Damai di jalan Ahmad Yani Gn Sari, Karang jati. Banjir menggenangi jalan jalan Protokol yang setinggi satu setengah meter. Untungnya Banjir di Kawasan ini cukup relatif sebentar. sehingga sore harinya warga sudah bisa membersihkan rumahnya. 
        Seperti Dalam Gambar Diatas Para relawan Basarnas Dengan Penuh semangat membantu warga yang sedang terkena Banjir di Kawasan Jalan MT Haryono Tepatnya dekat Lampu Merah BDS kelurahan Damai.

Untuk para Relawan yang selalu siaga seperti Basarnas Kota Balikpapan selalu berpatroli untuk  membantu warga yang tertimpa musibah banjir.mereka menggunakan perahu Karet membagikan makanan siap saji ke rumah rumah warga yang masih ada berada di atas Rumah. Namun banyak warga yang ikut mengamankan Barang nya di tempat yang agak tinggi dan mengungsi di posko Banjir.

Aku yang sejak tahun 2007 tinggal di Balikpapan mengalami beberapa kali banjir yang di sebabkan oleh air laut naik di Tambah dengan hujan yang turun terus menerus lebih dari 10 Jam dengan intensitas tinggi. sehingga kawasan yang rendah diapit oleh bukit - bukit yang sebagian besar sudah beralih fungsi menjadi perumahan membuat  banjir di kawasan yang rendah semakin tinggi menutupi rumah rumah warga.

Banjir di Balikpapan Merupakan Banjir yang disebabkan oleh Curah Hujan yang sangat tinggi di sertai dengan air laut yang sedang pasang sehingga air tidak bisa mengalir langsung ke Laut. keadaan ini membuat kawasan yang cukup rendah menjadi tempat berkumpulnya air dari berbagai bukit bukit di seluruh wilayah Balikpapan.
Kota Balikpapan Merupakan Kota dengan wilayahnya yang sangat komplek terdiri dari Ratusan Bukit yang meliuk liuk, sungai kecil yang membelah bukit. dan kawasan tepi pantai yang indah.

Semoga Banjir kali ini bisa segera berakhir dan menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk membangun Kota Balikpapan menjadi kota yang nyaman untuk di Tinggali.



 Numpang Mejeng.... aku sewaktu Berenang di kawasan air terjun di Barabai kalimantan selatan. keren kan ???



2 comments:

Anonymous said...

Pak mau tanya, kalau perumahan yang langganan banjir di Balikpapan apa saja ya?

Aan Samiran said...

wah kalo perumahan yang sering banjir karena air hujan bersamaan dengan air laut pasang itu cukup merata di Balikpapan. Hampir di semua kecamatan. cuma banjirnya cuma sebentar. paling lama sehari. Kebanyakan Perumahan yang baru di Bangun/ memang bebas Banjir ( karena dulunya daerah perbukitan) jadi imbasnya wilayah yang rendah / dataran yang terkena banjir. seperti perumahan sebelum tahun 2005 an.