Thursday, June 14, 2012

MENGAPA LOMBOK BISA BERBUAH SELAMA 20 BULAN

Selamat Pagi....

Gambar Sewaktu putri Ku sedang mencoba memanen Lombok dengan Kursi...


 A ku ingin Bercerita mengenai Tanaman Lombok atau cabe rawit bisa tumbuh setinggi 100 cm di halaman rumahku yang sempit. Aku termasuk seorang pemuda yang sangat suka makan sambal, Seolah olah gak enak rasanya makan tanpa sambal. mengingat harga Lombok di pasar pasar Kota Balikpapan cukup mahal bahkan sampai ada yang harganya Rp 100 000, ( Seratus Ribu Rupiah  di Tahun 2010 ).  Kejadian ini membuat diriku berinisiatif memanfaatkan halaman rumah tinggal yang cukup luas di rumah tipe Sederhana versi KPR. awalnya aku mencari bibit Lombok dari membeli Lombok di pedagang sayur keliling langganan. Kemudian aku ambil dua buah Lombok yang merah segar dan matangnya karena tua bukan karena layu. Aku Kupas dan ambil biji bijinya lalu aku taruh di piring kecil tempat kue. ku jemur di panas matahari kira kira 4 jam. Biasanya pagi aku mulai jemur dan sore hari sekitar jam 4 sore aku ambil dan ku simpan di toples agar tidak hilang.
Aku sedang memanen Lombok... tinggi Ku 168 cm. sedangkan pohon Lombok lebih tinggi

Pertama: 
Setelah Biji cabe kering  aku semai biji cabe itu di pot bunga warna Hitam dengan tanah yang bekas tanaman lain yang masih tersisa. Setelah biji cabe itu tumbuh kira kira sudah berdaun delapan aku pindahkan ke tanah yang sudah ku beri campuran pupuk kandang Ayam dan tanah. agar tanaman tidak mati karena proses kimiawi pupuk kotoran ayam. 
Pupuk Kotoran ayam ini aku dapat dari beli di Kandang ayam potong yang biasanya menjual per Karung  cukup Murah menurut aku. PKA ini biasanya di jual dalam kondisi yang kering. umumnya PKA ini hasil dari pembesaran Ayam potong setelah satu kandang Ayam habis terjual dan hasil sampingan ini namanya PKA. Rata rata PKA ini cukup untuk bayar sebulan Gaji seorang  pekerja yang merawat Ayam. Setiap mau memupuk Tanaman aku mencampur Dua Pot Bunga ukuran sedang  PKA dengan Tanah yang ada di halaman serta  dua gengam Pupuk lengkap NPK yang berwarna Biru berbentuk butiran ( di jual dalam kemasan satu kg.)

Pemupukan Tanaman di Halaman yang mendatar
Bahan :

  • Kotoran Dari Kandang ayam Yang sudah kering ( Biasanya tersedia di peternakan Ayam Potong di Jual perkarung @ mulai Rp. 7 000,00 ) di Kota Balikpapanawal 2012.
  • Pupuk NPK ( berbentuk Bitiran Biru, Di jual dalam kemasan plastik satu Kg dengan Harga @ Rp 19 000, 00 ) di Kota Balikpapan tahun awal 2012.
  • Tanah Merah / Pasir/ tanah bekas urug.( aku biasanya dapat dari Selokan di Rumah tempat Tinggal Ku.. aku Kumpulkan di satu wadah dan ku Biarkan beberapa minggu agar kering)
Cara Mencampur Media Tanah :
  •  Masukkan Tiga  pot bunga ukuran sedang  berisi  tanah merah / pasir.
  • Masukkan Satu pot bunga ukuran sedang berisi Pupuk Kandang.
  • Masukkan dua genggam Pupuk NPK. 
Setelah itu aduk sampai tercampur semua. 
Proses pemberian Pupuk : 
  1. Buatlah lubang mengelilingi tanaman dengan jarak 15 cm sampai 20 cm  atau satu jengkal orang dewasa dari pangkal tanaman.
  2. Taburkan pupuk yang sudah dicampur ke lubang yang mengelilingi tanaman kemudian tutup  kembali menggunakan tanah bekas galian lubang.
  3. Berikan pupuk setiap 2 bulan. kemudian siram menggunakan Gembor atau jika tidak ada menggunakan jari jari. usahakan pada penyiraman tidak membuat tanah hanyut oleh air.

Pemupukan Tanaman dalam Pot

Bahan :

  • Kotoran Dari Kandang ayam Yang sudah kering ( Biasanya tersedia di peternakan Ayam Potong di Jual perkarung @ mulai Rp. 7 000,00 ) di Kota Balikpapanawal 2012.
  • Pupuk NPK ( berbentuk Bitiran Biru, Di jual dalam kemasan plastik satu Kg dengan Harga @ Rp 19 000, 00 ) di Kota Balikpapan tahun awal 2012.
  • Tanah Merah / Pasir/ tanah bekas urug.( aku biasanya dapat dari Selokan di Rumah tempat Tinggal Ku.. aku Kumpulkan di satu wadah dan ku Biarkan beberapa minggu agar kering)
Cara Mencampur Media Tanah :
  •  Masukkan Tiga  pot bunga ukuran sedang  berisi  tanah merah / pasir.
  • Masukkan Satu pot bunga ukuran sedang berisi Pupuk Kandang.
  • Masukkan dua genggam Pupuk NPK. 
Yang membedakan pada pemberian pupuk dalam pot adalah :
  1. Keluarkan tanaman beserta tanahnya dengan cara membalik pot.
  2. Kemudian potonglah atau buang tanah yang menempel di Tanaman sisakan separuh nya. agar tanaman tidak mati karena akarnya terpotong sebaiknya biarkan tanah yang ada dekat Pangkal tanaman dengan jarak 5 sampai 10 cm membentuk setengah lingkaran.
  3. Isi pot  dengan pupuk yang sudah tercampur kira kira setelah tanaman yang sudah di kurangi tanahnya itu bisa masuk ke dalam pot.
  4. setelah selesai siram  dengan air menggunakan sprayer atau Gembor.

Dengan pemupukan yang rutin, Tanaman Lombok di Halaman Rumah bisa berbuah tanpa Henti dengan buah yang cukup Lebat dan umur pohon nya bisa 20 bulan ( aku menanam pohon Lombok  sejak putriku masih dalam kandungan 2 bulan. sekarang pada saat aku menuliskan cerita ini Dia berumur 20 Bulan....



No comments: