Tuesday, February 07, 2012

PESONA PESUT MAHAKAM

Halo......
Dalam tulisan kali ini aku ingin membahas cerita tentang pesona Pesut mahakam yang mulai langka di kawasan sungai mahakam kalimantan timur. Dalam beberapa tahun terakhir populasi pesut mahakam mulai jarang di temui di sepanjang sungai mahakam muali dari hilir sampai hulu, mulai dari delta makam sampai di daerah kutai barat. Populasi pesut mahakam sulit ditemui dan bahkan hanya menjadi legenda di kalangan warga terutama anak kecil dan para pendatang yang ingin mengetahui keberadaan pesut mahakam. Aku sendiri sampai sekarang belum pernah melihat pesut mahakam di kondisi nyata selama ini aku hanya melihat dari gambar di website. untuk pemerintah Kota samarinda mengapa belum juga membuat cagar budaya untuk pelestarian pesut mahakam yang mudah di jangkau oleh semua kalangan masyarakat dari berbagai macam lapisan. seandainya saja Pesona Pesut mahakam dijadikan agenda Pariwisata Domestik yang terintegrasi kemungkinan akan menambah pendapatan warga dan popilasi pesut akan semakin terjaga sehingga tidak punah di telan oleh pencemaran. Habitat Pesut mahakam kini sudah mulai terusik oleh penggundulan Hutan, Aktivitas Tambang, Aktivitas Ponton Batubara yang Hilir mudik setiap hari menggangu ketenangan pesut mahakam. Mengapa pesut mahakam sulit sekali Aku jumpai? sebagai warga yang ingin melihat pesut mahakam sulit rasanya untuk bisa melihat aktivitas pesut mahakam tersebut di alam yang nyata.
Balikpapan sebagai kota yang memiliki peran cukup baik dalam hal konservasi alam sebaiknya membuat suatu kawasan pelestarian untuk pesut mahakam, Beruang Madu dan aneka satwa yang menjadi endemik Pulau Kalimantan. Aku pernah mendengar Kota Balikpapan akan membangun Kebun Raya Balikpapan. Aku berharap Kebun Raya tersebut dapat diisi oleh bergagai macam Tumbuhan dan Satwa khas Kalimantan yang menjadi Maskot Kota kota di Kalimantan Seperti Beruang Madu, Macan Dahan, Pesut, Orang Utan, Enggang. Untuk Tumbuhan sebaiknya menanam Tumbuhan yang menjadi ciri khas hutan Kalimantan seperti Pohon ulin, Meranti, Pohon Keledang, Pohon elai, Durian dan berbagai macam Buah khas Kalimantan.
Buah Keledang Sepintas Bentuk Buah ini Mirip dengan Nangka, Tetapi memiliki ukuran yang agak kecil dengan rasa yang manis dan warna kekuningan sungguh nikmat.

1 comment:

Aychandudz said...

bedanya pesut ama dugong apa sih???