Sunday, December 04, 2011

Warna Tempat Sampah Sesuai Dengan Jenis Sampah

Halo......


Dalam kesempatan kali ini aku ingin mencoba menulis artikel tentang Tempat sampah. Aku sering perhatikan beberapa tempat sampah di daerah saya belum semuanya memiliki tempat sampah khusus Barang Pecah belah, Sampah Basah, sampah yang bisa di jadikan Kompos, sampah yang bisa di daur ulang seperti Plastik botol minuman. aku memulai dari skala Rumah Tangga.

Hampir semua Rumah tangga menghasilkan sampah setiap hari. Sampah sampah tersebut kebanyakan dibuang menjadi satu dengan berbagai jenis sampah. Seandainya Setiap Ruang di rumah ada tempat sampah khusus sampah kering, kertas, sampah basah, sampah plastik, sampah kaleng minuman akan memudahkan dalam pemilahan jenis sampah sesuai dengan jenisnya.Untuk membedakannya tempat sampah, Kantong Plastik yang di gunakan sebaiknya memiliki standar khusus.Seperti Kantong Plastik Hitam untuk sampah Basah, Tempat Sampah Kuning Untuk Sampah yang bisa di daur ulang, Tempat sampah Hijau untuk sampah plastik, Tempat sampah merah untuk sampah kertas.Setelah penggunaan dan pemilahan sampah sesuai jenisnya tahap selanjutnya menyediakan tempat pengumpulan Sampah untuk skala RT.

Penempatan Tempat sampah untuk wilayah RT, RW, dan Desa sebaiknya dalam satu tempat Penampungan sampah sementara sudah di buat tempat sampah sesuai dengan Jenis sampah. Disamping itu ukuran Tempat sampah sebaiknya berukuran yang cukup besar agar bisa menampung jumlah sampah yang di hasilkan masyarakat.

Kemudian Kendaraan pengangkut sampah sebaiknya menyediakan tempat sampah sesuai dengan jenisnya.

Jadwal pembuangan sampah seharusnya memiliki jadwal yang sudah menjadi peraturan daerah agar masyarakat tidak membuang sampah di luar jam yang di tentukan. jika perlu dikenakan sangsi pidana.

jika perlu ada badan usaha swasta atau pemerintah yang membeli sampah dari warga dengan kriteria yang di tentukan harganya oleh pemerintah. sehingga warga dengan penuh semangat memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya. dengan demikian menambah penghasilan warga dari sampah dan dapat mengurang polusi.

Ada di beberapa wilayah di kota Ku yang menerapkan bank Sampah. Di sini warga menjual sampah rumah tangga ke pengumpul dengan harga yang wajar. Sampah tersebut bisa di jadikan Kompos, Barang Daur ulang dan aneka kerajinan dari Barang barang Bekas yang memiliki nilai seni dan jual.

Jika semua wilayah di Kota Ku ada Bank bank sampah lambat laun kotaku akan menjadi kota yang sangat Hijau, Ramah lingkungan. semoga dapat menjadi inspirasi kita.
RW,Desa.

No comments: