Wednesday, June 18, 2008

Balikpapan cyber city

Kita harus mewujudkan kalimat yang yang menjadi judul.kita tau bahwa indonesia sudah menjadi negara yang besar dari segi wilayah dan jumlah penduduk.
indonesia sudah punya bali sebagai icon pariwisata dunia,yogya sebagai icon pendidikan ,bandung sebagai icon kota musia dan belanja,mengapa kita tidak membuat icon cyber city??????
Balikpapan merupakan kota yang memiliki beragam etnis di indonesia yang dihuni oleh mereka yang berdatangan dari penjuru nusantara dan bahkan dunia.kita bisa menyaksikan perusahaan asing yang beroperasi atau membuka cabang di ballikpapan memiliki tenaga kerja yang handal dalam bidang teknology.Baik itu teknologi informasi,komunikasi yang sangat berkembang dengan cepat dari waktu kewaktu.
saya sebagai seorang yang memiliki cita cita bahwa di indonesia harus memiliki suatu kota yang dapat menjadi basis atau ikon cyber city di indonesia bahkan kawasan asia tengggara atau bahkan dunia.
kita bisa belajar dari negara india. disana dapat kita jumpai berbagai tampat yang menjadi andalan seperti taj mahlal sebagai ikon pariwisata,bolywood sebagai ikon perfilman,mumbai sebagai ikon teknologi informasi. kusus untuk teknologi informasi dahulu pemerintah india mengirim, mahasiswa-mahasiswa untuk belajar di amerika,canada,japan,mereka belajar tentang ilmu teknology informasi. namun papa yang kini telah terjadi india menjadi satu-satunya negara yang mampu membuat suatu produk berbasis komputer yang menerima penghargaan internasional diluar negara amerika serikat. selain itu banyak ekonom india yang mendapat kan hadial nobel perdamaian,dalam bidang ekonomi seperti baru-baru ini tentang kridit untuk rakyat miskin tanpa agunan. yang membawa india menjadi negara maju.selain beberapa bidang diatas masih ada bidang antariksa india yang sudah dap meluncurkan roket, satelit dan astronotnya ke stasiun mir.
itulah kejayaan india pada 20 tahun terakhir bagaimana dengan indonesia???????????
Saya berharap pemerintah kita dan segenap warga indonesia khususnya gubernur dan bupati bersedia menjadi pelopor dalam hal cyber city mudah-mudahan balikpapan dapat mewujudkanya dalam 10 tahun kedepan dan saya berpesan kepada calon gubernur kaltim yang baru untuk segera merealisaikan.

No comments: