Tuesday, July 31, 2012

Ramadhan akankah membawa Berkah Bagi AKU.....?

Halo...... Aku mencoba menuliskan ide ku tentang pengalaman menjalankan Ibadah di bulan Ramadhan di perantauan.

Tahun ini 1433 H merupakan tahun ke enam aku merantau di kalimantan Timur. sejak tinggal di Balikpapan banyak kenangan indah yang aku alami selama menjalankan hari hari di bulan Ramadhan. tahun ini Ramadhan yang di mulai sekitar tanggal 20 Juli 2012 membawa sedikit kenangan yang tak akan aku lupakan; apa saja  kenangan itu berikut ceritanya:
Pertama : Puasa Ramadhan bersama Keluarga kecilku. sejak menikah tahun 2009. baru kali ini aku bisa menikmati hari hari sebagai kepala keluarga. dengan satu putri kecilku yang kini sudah menginjak usia balita ( 20 Bulan di Bulan Juli ). aku bisa menikmati kebersamaan selama ramadhan. Mulai berbuka Puasa, menyiapkan makan sahur hingga membersihkan halaman rumah menyambut Puasa.
Kedua : Puasa Ramadhan tanpa di tenami oleh Istri dan Anak. Untuk kesekian kalinya Aku mengalami Makan Sahur, Buka Puasa sendirian tanpa di temani oleh mereka. Kini Aku disibukkan oleh urusan menyiapkan Bahan makanan untuk berbuka dan sahur. walaupun makanan yang aku racik tak sehebat masakan Restoran ataupun masakan Istri yang terkadang Hambar dan Asin. Namun bagaimanapun makan makanan yang bukan aku masak sendiri itu lebih menyenangkan.
Ketiga :  Sejak tanggal 25 Juli Istri dan Anaku sengaja menjalankan ibadah Ramadhan bersama nenek dan Kakek yang kini Tinggal di Sangrahan tidak jauh dari kota Malang. Karena sudah hampir sepuluh tahun tidak pernah menjalankan Puasa bersama mereka dan kebetulan biar menjadi kenangan buat si kecil untuk bisa bersama nenek dan Kakek tercinta.
Keempat : Di awal bulan Agustus atau ketika puasa Ramadhan memasuki hari ke sepuluh aku mulai mendapatkan penawaran kerja sebagai Office Boy di perusahaan swasta Nasional yang memiliki  bidang Usaha distributor alat elektrikal merek terkenal dari USA.

Hari hari selama hidup sendirian di Rumah yang aku menumpang tinggal selama ini sungguh sangat menyedihkan. Sepi... sepi... Sunyi... Hening. dan hanya suara Anjing yang selalu ramai jika ada sesuatu yang mencurigakan. Di Rumah yang sudah cukup Tua ( Mungkin lebih dari 15 Tahun)  dengan ciri khas bangunan tahun 1990 an membuat suasana semakin sedikit mencekam. Selain itu dalam satu kawasan yang hanya di Huni oleh dua kepala keluarga.

 Semoga pengalaman ini bisa membuat hari hariku semakin lebih baik dalam menjalani kehidupan di Kota Balikpapan yang penuh dengan tantangan....persaingan....dan kemewahan.

No comments: