Tuesday, July 24, 2012

Kesalahan Dalam Memberi makan Anak

Halo...... Aku ingin Bercerita tentang kebiasaan Para Orang Tua yang kurang tepat dalam memberi susu pada balita.

Bagi orang Tua maupun ibu ibu yang memiliki balita yang tumbuh sehat pasti menyenangkan. Dengan selera makan yang sangat baik membuat para orang tua sangat senang memberikan makanan, minuman kepada buah hatinya. Namun ada beberapa hal yang sering dilupakan oleh orang tua dalam memberi makan balitanya.

Pertama;  Kebiasaan memberikan susu formula sebelum tidur.  Sebaiknya setelah minum susu balita harus minum air putih. ini berfungsi untuk membuang sisa susu yang menempel di gigi, Lidah dan Gusi balita. Jika ini  tidak di lakukan maka sisa dari susu itu akan membuat kuman di gigi  berkembang biak dan merusak gigi.

Kedua :  Kebiasaan Para Orang tua yang memberikan Susu sebelum Makan Pagi ( Sarapan Makan berat), Makan Siang Ataupun makan di sore Hari. Banyak orang tua yang memberikan susu sebelum dia makan berat ( dalam hal ini Nasi plus  lauk dan sayur). Jika di berikan pada waktu tersebut kondisi perut bayi sudah cukup kenyang oleh susu formula. Susu formula ini berfungsi mengenyangkan perut untuk sementara. jika jarak pemberian susu formula dengan makan nasi ( makan Berat ) kurang dari 30 menit maka otomatis balita ibu akan susah makan. karena perut sudah kenyang.

Ketiga : Kebiasaan memberikan Makanan ringan yang memiliki nilai gizi rendah akan memicu anak untuk meminta di berikan snack yang harganya cukup mahal namun tak memiliki gizi yang di perlukan balita. Karena hampir sebagian besar produk produk itu mengandung bahan pewarna, pemanis, dan pengawet yang jika di konsumsi dalam waktu lama akan berpengaruh tidak baik bagi balita.

Keempat : Kebiasaan orang tua yang jarang memberikan Buah. dengan menurunnya selera makan balita. maka pemberian Buah seperti Pisang ( aneka jenis Pisang ), dan Buah Lokal ( buah bukan Import). Mungkin karena pengaruh dari Televisi atau memang pengetahuan Orang tua akan Buah lokal kurang dan mungkin Gengsi. membuat orang tua beranggapan bahwa memberikan Buah import lebih baik dari buah lokal. padahal sesungguhnya kandungan Buah Lokal itu memiliki kualitas yang sangat baik untuk kebutuhan perkembangan Balita. buah lokal di indonesia memiliki kandungan pestisida yang sedikit, Tanpa bahan pengawet ( Formalin ,  Pewarna Kimia). Dengan Banyaknya buah lokal yang ada bisa membuat para petani dalam negeri semakin untung.

Aku berharap Ada kebiasaan Baik bagi orang tua yang baru memiliki Balita. dalam memberikan makanan. karena dengan makanan tersebut balita bisa tumbuh dan sehat. Jangan menambah beban pada balita untuk memakan makanan yang tidak berguna bagi pertumbuhannya. Dengan pemberian makanan yang sehat balita juga sehat.

Seperti Memasak. Jika resep dan bahanya sudah sama. dan waktu meramu masakannya tepat makan rasa masakan itu akan Semakin Lezat.

Jika para Ayah yang ingin memasak masakan seperti buatan ibu. padahal bahan dan bumbunya sama tetapi rasanya bisa berbeda. ini dikarenakan ketepatan memasukkan bahan dan bumbu ini menjadi kunci rasa masakan yang lezat.........

1 comment:

Dini Haiti Zulfany said...

alhamdulillaah, dapat referensi bermanfaat untuk masa depan jika punya anak kelak :)